Laman

Minggu, 13 Juni 2010

AS tahan Inggris 1-1


Amerika Serikat harus berterima kasih kepada gelandang yang merumput di Liga Premier, Clint Dempsey, dimana kontribusi satu golnya memaksakan Inggris bermain imbang 1-1 di laga perdana Grup C di Stadion Royal Bafokeng, Sabtu (12/6).

Hasil imbang ini sudah cukup bagi kedua tim untuk saling berbagi posisi di urutan satu dan kedua, mengingat Aljazair dan Slovenia baru akan bertanding Minggu sore waktu Indonesia.

Dalam pertandingan ini, pelatih Inggris Fabio Capello melakukan langkah yang mengejutkan dengan membangkucadangkan kiper veteran David James dan memasukkan Robert Green.

Inggris mampu mencatatkan gol tercepat untuk sementara pada turnamen di Afrika Selatan saat pertandingan berjalan empat menit, diawali dari umpan apik Emile Heskey kepada kapten Steven Gerrard yang tinggal mencocor bola untuk melewati hadangan kiper Tim Howard.

Pada menit ke-11 Amerika Serikat memperoleh peluang matang untuk mengimbangi keadaan saat umpan silang Steve Cherundolo dengan sempurna ditanduk oleh Clint Dempsey, namun Green dengan gemilang mampu menangkapnya.

Jozy Altidore berpeluang untuk menyamakan kedudukan saat umpan silang Landon Donovan ke dalam kotak pertahanan Inggris masih sanggup ditanduk olehnya, namun sayang bola belum menemui sasaran.

Inggris terus menekan jantung pertahanan Amerika Serikat dan beruntung performa Tim Howard sejauh ini masih bisa diandalkan oleh pelatih Bob Bradley saat ia mengantisipasi dengan baik bola silang dari sisi kanan.

Landon Donovan, yang sempat merumput di Liga Premier bersama Everton, sempat mengancam gawang Robert Green saat tendangannya dari luar kotak penalti yang sempat memantul ke rumput membuat bola mengarah deras ke sisi kiri, beruntung masih melebar arah gawang.

Serangan monoton yang dilakukan oleh Amerika Serikat akhirnya baru membuahkan hasil lima menit menjelang istirahat, saat Clint Dempsey yang mengutak-atik bola dan kemudian melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti, namun entah faktor bola ‘Jabulani’ atau bukan, bola justru menghindari tangkapan Green dan masuk ke dalam gawang. Namun saat kejadian posisi Green memang agak menyamping ketika ia coba menangkap bola.

Bagi Dempsey, yang merumput di Liga Premier bersama Fulham, gol ini menambah koleksi di timnas menjadi 19 gol dan skor imbang tersebut tetap bertahan hingga istirahat.

Enam menit selepas waktu jeda performa Inggris terus meningkat dan Emile Heskey menyia-nyiakan kesempatan saat umpan sodoran Aaron Lennon membuat dirinya tak terhadang dari kejaran pemain-pemain Amerika Serikat, namun sayang tendangan kerasnya masih lekat dalam pelukan Howard.

Tim Howard melakukan penyelamatan gemilang saat tendangan keras gelandang Chelsea Frank Lampard dari luar kotak penalti mampu dihalaunya keluar arena pertandingan.

Tidak lama kemudian Amerika Serikat ganti menyerang pertahanan Inggris, dimana aksi individu Jozy Altidore merepotkan pemain belakang Glen Johnson dan beruntung tendangannya dari sudut sempit masih bisa ditepis oleh Green.

Gawang Amerika Serikat kembali tertekan, namun kali ini tendangan jauh yang dilepaskan oleh Wayne Rooney dari luar kotak penalti masih mengarah deras ke samping kanan gawang Howard.

Tidak lama kemudian giliran Shaun Wright Phillips yang memperoleh peluang matang di sisi kiri pertahanan lawan, namun umpan sodoran Rooney itu tidak mampu dimaksimalkan olehnya dan masih bisa ditepis kiper Everton tersebut.

Capello yang sepertinya tidak puas dengan kinerja lini depannya terpaksa menarik Emile Heskey dan memasukkan Peter Crouch.

Masuknya striker Tottenham Hotspur itu belum terlalu banyak memberikan kontribusi bagi The Three Lions saat wasit asal Brasil Carlos Simon meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan.

Susunan pemain:

Inggris: Robert Green, Glen Johnson, Ledley King (Jamie Carragher 46), John Terry, Ashley Cole, Aaron Lennon, Frank Lampard, Steven Gerrard, James Milner (Shaun-Wright Phillips 31), Wayne Rooney, Emile Heskey (Peter Crouch 79).

Amerika Serikat: Tim Howard, Steve Cherundolo, Oguchi Onyewu, Jay Demerit, Carlos Bocanegra, Clint Dempsey, Michael Bradley, Ricardo A.Clark, Landon Donovan, Jozy Altidore (Stuart Holden 86), Robbie Findley (Edson Buddle 78).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar